Yogyakarta (02/10), Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (SPs UGM) kembali menyelenggarakan workshop kurikulum seri Oktober 2024 di Ruang Auditorium Gedung Unit 1 Sekolah Pascasarjana. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pimpinan SPs termasuk Dekan dan Wakil Dekan. Selain itu juga turut hadir dosen dan pengelola program studi. Workshop ini bertujuan untuk membahas aspek-aspek krusial dari kegiatan akademik, terutama yang berkaitan dengan pengembangan dan pemutakhiran kurikulum.
Workshop ini merupakan bagian dari inisiatif yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas lulusan dan relevansi pendidikan tinggi pendidikan dasar dengan kurikulum sesuai tuntutan zaman. Diskusi yang berlangsung menyoroti perlunya kurikulum yang tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga mendorong pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah di kalangan mahasiswa.
“Kurikulum didasarkan pada visi dan misi, proses pembelajaran dikawal RPKPS, team teaching, assessment. Berkembangnya kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi maka UGM dan SPs mengembangkan MOOC dan disebarluaskan dengan beberapa metode dan improvement”, tutur Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN.Eng., Dekan SPs saat memberikan pengantar untuk membuka acara workshop.
Pimpinan SPs dan dosen terlibat dalam diskusi untuk menciptakan pendekatan inovatif dalam desain kurikulum yang akan mempromosikan pendidikan untuk keberlanjutan. Penekanan diberikan pada penyusunan kurikulum yang tidak hanya mencakup pengetahuan akademis tetapi juga mendorong mahasiswa untuk terlibat dengan isu-isu dunia nyata dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan khususnya melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk langkah praktis.
Workshop kurikulum ini menjadi langkah penting menuju pemutakhiran kualitas pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Dengan fokus pada strategi responsif dan membangun kemitraan bertujuan untuk berkontribusi pada pencapaian SDGs, terutama dalam bidang pendidikan. Komitmen untuk perbaikan berkelanjutan dalam desain kurikulum mencerminkan dedikasi untuk memberikan pengalaman pendidikan yang komprehensif dan berkelanjutan bagi mahasiswa.
Tags : kurikulum, workshop, pendidikan berkelanjutan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, tridharma perguruan tinggi, SDG 4: pendidikan berkualitas, SDG 9: industri, inovasi dan infrastruktur, SDG 17: kemitraan untuk mencapai tujuan
Penulis : Siti Muyasaroh