Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu proses akademik yang dilakukan khususnya bagi mahasiswa jenjang magister. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada yang telah melakukan kegiatan KKL pada 15-19 Juli 2024 didaerah Pantai Jatikontal dan Taman Edukasi Mangrove Demang Gedi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
Seluruh mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Lingkungan angkatan 2022 dan 2023 berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan KKL dengan penuh semangat. Rangkaian kegiatan KKL terdiri dari inventarisasi data, wawancara, pengelolaan data kolektif, dan diskusi klaster.
Kegiatan ini melibatkan seluruh stakeholder yang ada dilingkungan area pesisir pantai dan TEM Demang Gedi. Adapun pihak yang menjadi subjek yang turut mendukung yaitu wawancara dengan perangkat desa membahas mengenai kebijakan pengelolaan sampah di pesisir oleh desa, Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, serta pengelola, masyarakat, dan pengunjung wisata Pantai Jatikontal dan TEM Demang Gedi.
“Setelah melakukan peneltian di lapangan pengumpulan data dan terkait analisis data yang telah kami laksanakan, kami mengambil kesimpulan bahwasanya masyarakat di Kabupaten Purworejo ini memiliki persepsi dan partisipasi yang menarik terkait sampah. Mereka menerapkan metode pengelolaan sampah dengan 3R yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle”, tutur Ardhi Irawan, koordinator KKL klaster sosial.
Strategi dalam pengelolaan sampah adalah dengan meningkatkan nilai sampah baik nilai ekonomi mapun nilai guna. Peningkatan nilai ekonomi sampah berupa pemilahan sampah yang dapat didaur ulang kemudian dijual melalui bank sampah. Masyarakat dan pemangku kepentingan di Daerah Purworejo dapat mencontoh apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas yang menerapkan pengelolaan pada bank sampah melalui aplikasi Sampah Online Banyumas (Salinmas) dan Ojeke Inyong (Jeknyong).
Tags: pengelolaan sampah, pesisir pantai, nilai ekonomi sampah, SDGs, SDG 3: kehidupan sehat dan sejahtera, SDG 4: pendidikan berkualitas, SDG 12: konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab
Penulis : Siti Muyasaroh