Yogyakarta, 23 Mei 2025 — Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (SPs UGM) resmi menerima visitasi akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) untuk dua program studi unggulan, yaitu Program Studi Magister Agama dan Lintas Budaya (ALB) serta Program Studi Doktor Inter-Religious Studies (IRS). Visitasi dilakukan secara daring oleh tim asesor FIBAA sebagai bagian dari proses penilaian mutu akademik dan tata kelola program studi.
Dekan SPs UGM, Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa proses akreditasi ini merupakan bagian dari strategi internasionalisasi pendidikan tinggi yang diusung SPs. “Akreditasi FIBAA bukan sekadar pengakuan kualitas, melainkan juga cerminan kesiapan SPs untuk tampil dan bersaing di tingkat global. Ini adalah bagian dari komitmen kami dalam memperkuat reputasi internasional dan kualitas layanan akademik,” ujar Prof. Malkhamah.
Visitasi ini menjadi bagian penting SPs UGM karena untuk pertama kalinya program studi di lingkungan Sekolah Pascasarjana mengikuti proses akreditasi melalui FIBAA. Keikutsertaan ini diharapkan membuka jalan bagi program studi lain untuk mengikuti langkah serupa guna mencapai standar pendidikan internasional.
Prof. Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, selaku Koordinator Unit Jaminan Mutu SPs, menambahkan bahwa koordinasi lintas unit telah dilakukan secara menyeluruh demi memastikan kesiapan dokumen dan proses asesmen berjalan optimal. “Kami sangat terbantu dengan dukungan Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas (SPMRU) yang memberikan arahan dan pendampingan teknis selama proses persiapan berlangsung,” tuturnya.
Melalui akreditasi ini, SPs UGM menunjukkan dedikasi tinggi dalam peningkatan mutu pendidikan, perluasan jejaring internasional, dan penguatan daya saing lulusan di kancah global. Selain itu, proses ini menjadi momentum untuk memperkuat budaya mutu dan menjadikan SPs UGM sebagai rujukan pendidikan lintas disiplin berbasis global excellence.
Penulis: Arfikah Istari
Tags SDGs: SDG 4 – Pendidikan Berkualitas; SDG 9 – Inovasi dan Infrastruktur; SDG 17 – Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.



