Dalam memperkuat fungsi humas di lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM), Staf Humas Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM mengikuti workshop bertema “Integrasi Media Owned, Earned, dan Paid untuk Komunikasi Efektif.” Acara ini diselenggarakan secara luring pada 26 Agustus 2024 di Ruang Multimedia Lt 3 UGM Kantor Pusat.
Diskusi berjalan sangat lancar dengan paparan dari tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya. Workshop ini membahas langkah strategis dalam memahami Lanskap Media Owned, Earned, dan Paid. Media Owned mencakup pemasaran melalui saluran yang dimiliki langsung oleh organisasi, seperti situs web dan media sosial. Media Earned melibatkan promosi yang diperoleh melalui publikasi pihak ketiga, sementara Media Paid mencakup iklan berbayar dan promosi yang memerlukan biaya.
Narasumber pertama, Ryan, menekankan pentingnya memperkuat panduan merek atau brand guidelines dalam proses digital marketing. Panduan ini dapat membantu tim humas menentukan langkah pemasaran yang tepat dalam menghindari dampak negatif, dan memastikan pesan yang konsisten.
Narasumber kedua, Efenerr, menguraikan pentingnya konsistensi dalam menyampaikan pesan di seluruh saluran media owned, earned, dan paid. Beliau juga memaparkan cara memaksimalkan Return on Investment (ROI) dari berbagai saluran media, dengan menekankan pada penciptaan pesan yang koheren.
Narasumber ketiga, Winda, membahas kolaborasi antara berbagai tim pemasaran dan pentingnya pemilihan informasi yang relevan serta bernilai untuk media sosial. Beliau menekankan pada latihan media mapping sebagai alat penting dalam mengelola dan menyebarluaskan informasi yang bermanfaat.
Gusti Grehenson, S.K.H., Koordinator Bidang Humas dan Keprotokolan, menyampaikan harapan agar workshop ini dapat membantu Tim Humas di seluruh lingkungan Universitas Gadjah Mada untuk lebih bijak dalam menentukan langkah strategis ke depan, meningkatkan efektivitas komunikasi dan pemasarannya.
Penulis: Arfikah Istari