• Tentang UGM
  • Simaster
  • Perpustakaan
  • IT Center
  • Webmail
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Posisi
    • Keunggulan
    • Struktur Organisasi
    • Layanan dan Fasilitas
    • Kehidupan Kampus
    • Kontak
  • PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan secara Berkala
      • Informasi Tersedia Setiap Saat
      • Daftar Informasi Dikecualikan
    • Layanan Informasi
      • Alur dan Prosedur Permohonan Informasi
      • Alur dan Prosedur Pengajuan Keberatan atas Informasi
      • Prosedur dan Tatacara Penyelesaian Sengketa
      • Maklumat Pelayanan Informasi Publik
  • Akademik
    • Pengumuman
    • Dokumen Akademik
    • Kalender Akademik
  • Admisi
    • Program Studi
    • Beasiswa
    • Syarat Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Biaya Pendidikan (UKT)
    • Registrasi
  • Kegiatan
    • Agenda
    • Berita
    • Penelitian
    • Pengabdian Masyarakat
  • Survei Layanan
  • Beranda
  • Berita
  • Visitasi LAMSPAK: Program Studi Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan Dinilai Membumi dan Siap Lakukan Evaluasi Kurikulum

Visitasi LAMSPAK: Program Studi Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan Dinilai Membumi dan Siap Lakukan Evaluasi Kurikulum

  • Berita
  • 2 Juli 2025, 10.16
  • Oleh: pudji_w
  • 0

Yogyakarta, 23–24 Juni 2025 – Program Studi Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (MKIK), Sekolah Pascasarjana UGM, menerima kunjungan tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan, Sosial, dan Politik (LAMSPAK) dalam rangka asesmen lapangan untuk proses akreditasi program studi.

Asesmen dilaksanakan oleh dua asesor dari LAMSPAK, yakni Prof. Dr. Yulianto dan Dr. Ulber Silalahi, yang melakukan evaluasi menyeluruh terhadap mutu dan keberlanjutan program studi. Mereka meninjau berbagai aspek meliputi tata pamong, visi-misi, kurikulum, proses pembelajaran, sumber daya manusia, hingga capaian luaran akademik.

Pada sesi pembukaan, Prof. Yulianto menyampaikan apresiasi terhadap kualitas penyusunan borang akreditasi MKIK. “Walaupun Magister Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan ini berada di institusi besar, tetapi saya baca borangnya ini sangat detail, lengkap, dan teliti sekali,” ujarnya. Pernyataan tersebut menunjukkan kesan bahwa MKIK dikelola dengan semangat yang membumi dan berorientasi kuat pada kualitas substansi.

Visitasi yang berlangsung selama dua hari ini juga melibatkan sesi diskusi bersama para pimpinan dekanat dan program studi, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni. Interaksi ini membuka ruang refleksi dan perbaikan berkelanjutan bagi program studi.

Pada sesi penutupan, Dr. Ulber Silalahi menekankan pentingnya visitasi sebagai sarana evaluasi. “Visitasi ini menjadi salah satu ajang untuk mengevaluasi kinerja prodi selama ini, sehingga diharapkan selanjutnya perlu ada evaluasi khususnya pada kedalaman dan keunikan prodi sebagai akar kurikulum hingga menjadi arah profil lulusan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Prof. Dr. Ahmad Maryudi, S.Hut., M.For., selaku Kepala Program Studi MKIK, menyampaikan komitmennya untuk menindaklanjuti masukan yang diberikan. “Kami merasa sangat berterima kasih atas banyaknya masukan tersebut, dan kebetulan dalam beberapa bulan ke depan prodi akan mengadakan agenda workshop kurikulum secara internal, sehingga masukan-masukan tersebut akan kami catat untuk kami tindak lanjuti,” ujarnya.

Kegiatan visitasi ini menjadi tonggak penting dalam upaya peningkatan mutu akademik Program Studi MKIK. Melalui proses asesmen yang mendalam dan reflektif, program studi berharap dapat terus mengembangkan kurikulum yang relevan, inovatif, dan berakar kuat pada kebutuhan masyarakat serta dinamika kepemimpinan dan kebijakan di masa depan.

Penulis: Burhanul Aqil

Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas

Recent Posts

  • Kuliah Kerja Lapangan Prodi Kependudukan, Soroti Ketahanan Demografi di Daerah Pacitan, Jawa Timur
  • Semarak Dies ke-42 SPs UGM, Lomba Badminton Pererat Kebersamaan Sivitas Akademika
  • Kuliah Lapangan S2 PSPSR UGM: Merayakan Seni, Budaya, dan Keberlanjutan di Festival Kebudayaan Yogyakarta 2025
  • SPs UGM Gelar Talkshow Diseminasi, Wujud Kontribusi Nyata Riset dan PKM bagi Masyarakat
  • Eratkan Silaturahmi, Sekolah Pascasarjana UGM Gelar Family Gathering Penuh Kehangatan dan Keceriaan
Universitas Gadjah Mada
Sekolah Pascasarjana
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
Telp. (0274) 544975, 564239
Email : sps@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju