• Tentang UGM
  • Simaster
  • Perpustakaan
  • IT Center
  • Webmail
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Posisi
    • Keunggulan
    • Struktur Organisasi
    • Layanan dan Fasilitas
    • Kehidupan Kampus
    • Kontak
  • PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan secara Berkala
      • Informasi Tersedia Setiap Saat
      • Daftar Informasi Dikecualikan
    • Layanan Informasi
      • Alur dan Prosedur Permohonan Informasi
      • Alur dan Prosedur Pengajuan Keberatan atas Informasi
      • Prosedur dan Tatacara Penyelesaian Sengketa
      • Maklumat Pelayanan Informasi Publik
  • Akademik
    • Pengumuman
    • Dokumen Akademik
    • Kalender Akademik
  • Admisi
    • Program Studi
    • Beasiswa
    • Syarat Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Biaya Pendidikan (UKT)
    • Registrasi
  • Kegiatan
    • Agenda
    • Berita
    • Penelitian
    • Pengabdian Masyarakat
  • Survei Layanan
  • Beranda
  • Berita
  • Prodi KBM Selenggarakan Workshop Kupas Teknik Narasi Dalam Gambar Bergerak

Prodi KBM Selenggarakan Workshop Kupas Teknik Narasi Dalam Gambar Bergerak

  • Berita
  • 2 Juni 2025, 13.41
  • Oleh: pudji_w
  • 0

Yogyakarta, 21 Mei 2025 — Program Studi Kajian Budaya dan Media (KBM) Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, kembali menyelenggarakan workshop bertema kekinian  yakni “Not All Meanings Are Created Equal: Narrative Techniques in Moving Image”. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan alumni dari berbagai latar belakang

Workshop ini menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi yaitu Prof. Dr. Eva Warth, Professor Emerita, Ruhr-Universitat Bochum. Prof Eva membahas bagaimana narasi dalam gambar bergerak baik film, video pendek, iklan maupun konten digital tidak hanya menyampaikan cerita, tetapi juga membentuk makna secara ideologis, politis, dan kultural.

Salah satu sesi yang paling menarik perhatian adalah pemaparan teknik visual iklan produk. Para peserta juga diajak untuk menganalisis potongan-potongan film serta mendiskusikan bagaimana sudut pandang, pengambilan gambar, dan teknik penyuntingan dapat mempengaruhi tafsir dan makna yang dihasilkan.

Mahasiswa diberikan penugasan memaparkan hasil ulasan video yang berupa struktur iklan dengan pembahasan secara objektif. Problematization dan analysis yang dibahas sangat rinci mulai dari ekspresi, pergerakan, dan resolusi. Hal ini diperjelas dengan tayangan video yang dipaparkan oleh presenter agar peserta bersama mengamati setiap detail dalam video.

Acara ditutup dengan sesi diskusi terbuka. Hasilnya menunjukkan betapa beragamnya makna yang bisa dihasilkan dari sumber cerita yang sama, tergantung pendekatan naratif yang digunakan.

Penulis : Siti Muyasaroh

Tags: konten digital media SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur Seni

Recent Posts

  • Konsinyering Kerja Sama JTTS : Finalisasi Hasil Temuan Penelitian Langkah Pengambilan Kebijakan Berkelanjutan di Sumatera
  • SPs UGM Kuatkan Tridharma Pariwisata: Prodi Doktor Kajian Pariwisata Perluas STO dan Luncurkan Buku “Manajemen Pengunjung”
  • Mahasiswa S2-S3 Ilmu Ketahanan Nasional SPs UGM Ikuti Bootcamp Penguatan Tesis dan Disertasi
  • Prof. Armaidy Armawi Paparkan Astropolitik dan Ketahanan Nasional pada Senastindo VII AAU 2025
  • Prodi S3 Kependudukan dan BRIN Tinjau Arah Penelitian Strategis, Perkuat Kerja Sama Bidang Kolaborasi Riset
Universitas Gadjah Mada
Sekolah Pascasarjana
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
Telp. (0274) 544975, 564239
Email : sps@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju