Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (MMPT) Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada kembali menyelenggarakan guest lecturer atau kuliah dosen tamu untuk menunjang kemampuan academic writing mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada Senin, 27 Mei 2024 yang diwajibkan untuk seluruh mahasiswa MMPT.
“Inner Working of Academic Writing: Gateway Literature Review” menjadi tema pokok pembahasan dalam kuliah ini dengan pembicara utama yaitu Prof. Gregory Ching, Associate Professor dari National ChengChi University, Taiwan. Polemik mengenai academic writing sangat krusial dikalangan akademisi baik untuk dosen maupun mahasiswa sebagai proses berpikir kritis dan sistematis dalam menyampaikan gagasan.
“Peluang besar bagi kami dapat mendengarkan paparan materi kuliah dari Prof. Gregory Ching diskusi mengenai academic writing. Pelaksanaan kuliah ini merupakan hasil inisiasi dari kerja sama antara Universitas Gadjah Mada khususnya Program Studi Magister Pendidikan Tinggi dengan National ChengChi University, Taiwan.” tutur Dr. Ir. R. Wahyu Supartono, Ketua Program Studi MMPT yang sekaligus memoderatori jalannya acara ini.
Prof. Gregory Ching memberikan tips and trick academic writing khususnya bagi mahasiswa MMPT yang mempunyai luaran berupa tugas akhir tesis. Menulis membutuhkan sebuah upaya ilmiah sehingga terdapat seperangkat aturan atau format yang baku seperti adanya referensi dalam sebuah tulisan. Penentuan topik penelitian merupakan langkah pertama sebelum menulis dilakukan dengan menelusuri sebuah fenomena yang sedang menjadi trending topic dan menarik untuk dikaji.
Literature review menjadi referensi dalam academic writing memiliki istilah yang disebut IMRAD Structure yang terdiri dari Introduction, Method, Results, dan Discussion/Conclusion serta memuat beberapa unsur seperti Why, How, What, dan So What. Referensi memuat informasi yang mengacu pada sumber acuan berupa petunjuk atau rujukan.
Transfer knowledge antara Prof. Gregory Ching dan mahasiswa MMPT berjalan dengan interaktif. Mahasiswa berbagi pengalaman menulisnya dengan sangat antusias. Pemberian materi kuliah pada sesi ini diharapkan dapat menjadi upaya optimalisasi kemampuan menulis bagi mahasiswa dalam mempublikasikan hasil tulisannya.
Kegiatan ini selaras dengan pilar 4 SDGs tentang kualitas pendidikan.