Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada mengikuti Workshop Transformasi Proses Bisnis Pengelolaan Penelitian Integratif yang berlangsung di Ruang Multimedia I, Kantor Pusat UGM Lantai 3 Sayap Utara pada Kamis (16/01). Workshop ini diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan penelitian di UGM.
Dalam sambutannya, Direktur Penelitian, Prof. Dr. Mirwan Ushada, STP. M.App.Life.Sc. mengatakan, “Bulan Januari 2025 menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi kinerja pada tahun 2024 dan membuat rencana kerja di tahun 2025. Workshop ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi penelitian di UGM, dan kami selama tiga bulan terakhir telah bekerja sama dengan Biro Transformasi Digital UGM untuk menciptakan konsep yang lebih baik dalam pengelolaan penelitian.”
Workshop ini dihadiri oleh Wakil Dekan yang membidangi Penelitian serta Kepala Kantor Administrasi dari semua unit kerja di UGM. SPs UGM diwakili oleh staf ahli dan pegawai dari Unit Penelitian dan Publikasi.
“Harapannya hari ini kami mendapat banyak masukan dari seluruh stakeholder, termasuk Bapak-Ibu yang ada di Fakultas/Sekolah. Nantinya juga akan ada workshop lanjutan sebelum dilaksanakan implementasi sistem informasi yang dikembangkan”, tutup Prof. Mirwan.
Sesi materi pertama disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Program Penelitian, Dr. Ririn Tri Nurhayati, S.IP., M.Si., M.A., dan Kepala Subdirektorat Publikasi Ilmiah dan Kekayaan Intelektual, Ratih Fitria Putri, S.Si., M.Sc., Ph.D., mengenai proses bisnis pengelolaan penelitian di UGM yang berjalan saat ini. Dr. Ririn menekankan bahwa penelitian menjadi salah satu kegiatan tri dharma yang sangat strategis dalam mewujudkan reputasi akademik yang unggul serta membangun kemitraan global, sehingga perlu dioptimalkan pengelolaannya.
Ratih Fitri menambahkan, “Kendala umum yang ditemukan saat ini pada sistem informasi penelitian setidaknya ada dua hal: beberapa proses masih dilakukan secara manual, termasuk dalam validasi data, dan sistem informasi yang ada belum memenuhi kebutuhan perubahan proses bisnis yang dinamis.”
Pada sesi materi kedua yang disampaikan oleh Tim dari Biro Transfromasi Digital, diketuai oleh Dr. Mardhani Riasetiawan, SE., Ak., M.T., menjalaskan kepada seluruh peserta mengenai sistem informasi pengelolaan penelitian integratif yang sedang dikembangkan saat ini.
Dr. Mardhani mengatakan bahwa sistem informasi yang dikembangkan saat ini sangat membutuhkan banyak masukan agar dalam implementasinya dapat mengakomodir setiap kebutuhan unit kerja dan memberi kenyamanan bagi kita semua sebagai pengguna.
Di SPs UGM ada keunikan bahwa dosen yang dimiliki juga berasal dari berbagai fakultas/sekolah di UGM, namun sistem informasi saat ini tidak dapat mengakomodir kondisi ini. Dr. Mardhani menjelaskan bahwa nantinya di sistem informasi yang baru hal-hal semacam ini bisa diakomodir misalkan dengan dikategorikan sesuai bidang ilmu atau sesuai peran yang sedang dilakukan dalam penelitiannya.
Penulis: Asti Rahmaningrum