• Tentang UGM
  • Simaster
  • Perpustakaan
  • IT Center
  • Webmail
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Posisi
    • Keunggulan
    • Struktur Organisasi
    • Layanan dan Fasilitas
    • Kehidupan Kampus
    • Kontak
  • PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan secara Berkala
      • Informasi Tersedia Setiap Saat
      • Daftar Informasi Dikecualikan
    • Layanan Informasi
      • Alur dan Prosedur Permohonan Informasi
      • Alur dan Prosedur Pengajuan Keberatan atas Informasi
      • Prosedur dan Tatacara Penyelesaian Sengketa
      • Maklumat Pelayanan Informasi Publik
  • Akademik
    • Pengumuman
    • Dokumen Akademik
    • Kalender Akademik
  • Admisi
    • Program Studi
    • Beasiswa
    • Syarat Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Biaya Pendidikan (UKT)
    • Registrasi
  • Kegiatan
    • Agenda
    • Berita
    • Penelitian
    • Pengabdian Masyarakat
  • Survei Layanan
  • Beranda
  • Berita
  • Sinergi Prodi S3 Kependudukan dan Stakeholder, Rumuskan Konsep Hidden Curriculum

Sinergi Prodi S3 Kependudukan dan Stakeholder, Rumuskan Konsep Hidden Curriculum

  • Berita
  • 22 Januari 2025, 16.17
  • Oleh: pudji_w
  • 0

Yogyakarta (08/01), Program Studi Doktor Kependudukan menyelenggarakan workshop yang berfokus pada rancangan kurikulum, sesuai dengan arahan dari Sekolah Pascasarjana UGM dalam rangka merespon adanya Peraturan Kemendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Siti Nurbaya Center, Ruang E KLMB, Fakultas Geografi.

Kegiatan yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, alumni, serta pengguna lulusan ini merupakan upaya kolaboratif menekankan pentingnya pendidikan untuk keberlanjutan yang bertujuan meningkatkan kurikulum dengan mengintegrasikan isu-isu global ke dalam topik penelitian. Para peserta terlibat dalam diskusi tentang bagaimana mengintegrasikan prinsip keberlanjutan ke dalam kurikulum, memastikan bahwa lulusan masa depan siap untuk menghadapi tantangan dunia yang cepat berubah.

Terdapat beberapa usulan yang disampaikan oleh peserta yang hadir dalam kegiatan ini, seperti yang dipaparkan oleh Dr. Suprapedi (BRIN) yang memberikan usulan tentang syarat publikasi, pelatihan softskill yang dimasukkan dalam mata kuliah, penyisipan terkait transmigrasi, dan pelatihan tools yang digunakan dalam kependudukan.

“Soft skill dapat dimasukkan dalam mata kuliah yang ditawarkan yaitu hidden curriculum.”, tutur Prof. Dr. Sri Rum Giyarsih,Ketua Program Studi Doktor Kependudukan yang memberikan tanggapan salah satu usulan peserta.

Workshop ini mengeksplorasi integrasi softskill ke dalam kurikulum yang mengakui pentingnya kompetensi di dunia profesional. Konsep hidden curriculum yang dibahas menunjukkan bahwa pelatihan soft skill dapat disisipkan dalam mata kuliah yang ada. Pendekatan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan di bidangnya tetapi juga memiliki keterampilan interpersonal yang diperlukan untuk kolaborasi yang efektif.

Selain itu, alumni yang hadir turut aktif memberikan pandangannya mengenai kurikulum pembelajaran. Seperti yang disampaikan oleh Dr. Armansyah, “Publikasi sebagai salah satu syarat kelulusan, selain dari outputnya yang dinilai, namun dari prosesnya juga perlu ada penilaian khusus (indikator penilaian). Sehingga, tidak hanya berpacu kepada target publikasi Sinta atau Scopus jadi hanya menggunakan jurnal predator, namun dari sisi proses pembelajaran dan penyusunannya tetap terjaga”, tuturnya.

Program Studi Doktor Kependudukan mengambil langkah signifikan menuju penciptaan kurikulum yang responsif terhadap tantangan global. Dengan mendorong kolaborasi di antara dosen, mahasiswa, alumni, dan pemangku kepentingan, program ini tidak hanya meningkatkan hasil pendidikan tetapi juga berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan yang lebih luas.

Penulis : Siti Muyasaroh

Tags: integrasi kolaborasi Kurikulum SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur Workshop

Recent Posts

  • Konsinyering Kerja Sama JTTS : Finalisasi Hasil Temuan Penelitian Langkah Pengambilan Kebijakan Berkelanjutan di Sumatera
  • SPs UGM Kuatkan Tridharma Pariwisata: Prodi Doktor Kajian Pariwisata Perluas STO dan Luncurkan Buku “Manajemen Pengunjung”
  • Mahasiswa S2-S3 Ilmu Ketahanan Nasional SPs UGM Ikuti Bootcamp Penguatan Tesis dan Disertasi
  • Prof. Armaidy Armawi Paparkan Astropolitik dan Ketahanan Nasional pada Senastindo VII AAU 2025
  • Prodi S3 Kependudukan dan BRIN Tinjau Arah Penelitian Strategis, Perkuat Kerja Sama Bidang Kolaborasi Riset
Universitas Gadjah Mada
Sekolah Pascasarjana
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
Telp. (0274) 544975, 564239
Email : sps@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju