Program Studi (Prodi) Magister Kajian Pariwisata, Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan kegiatan pelatihan software olah data NVIVO pada Jumat (14/06). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa program magister dan doktoral bertempat di Ruang Kelas 406, Lantai 4, Gedung Sekolah Pascasarjana UGM. Tujuan dari kegiatan adalah memberikan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan software olah data NVIVO yang dapat digunakan untuk mengolah data penelitian.
Pelatihan NVIVO akan diadakan dua kali, dengan agenda pertama berfokus pada pengenalan software NVIVO dan agenda kedua untuk praktik penggunaan NVIVO. Agenda pertama kali ini mengundang narasumber Umi Sugiyanti, M.A., seorang pustakawan ahli muda di Perpustakaan, Sekolah Pascasarjana UGM. Umi menjelaskan bahwa NVIVO digunakan untuk mengolah data kualitatif dengan cara mengkategorikan data berdasarkan tema, isu, atau topik. NVIVO dapat mengorganisasikan data untuk keperluan analisis serta melihat trend data yang terjadi.
Dalam pelatihan kurang lebih selama 1,5 jam, mahasiswa ditunjukkan fitur dasar NVIVO dan bagaimana cara mengoperasikannya. Salah satu teknik penting yang dibutuhkan dalam penggunaan NVIVO adalah Koding. Untuk membahas teknik koding lebih spesifik, akan diselenggarakan pelatihan agenda kedua dengan mengundang ahli NVIV, Dr. Suripto dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM.
Sebagai penutup pelatihan, Umi menekankan bahwa NVIVO bukanlah sebuah substitusi atau pengganti pemikiran penelitian, software ini hanya sebagai alat bantu olah data. Mahasiswa tetap harus berpikir kritis terhadap penelitian yang dilakukan. Mahasiswa dipersilahkan untuk mengunjungi Perpustakaan, Sekolah Pascasarjana UGM dan memanfaatkan software NVIVO dalam membantu mengolah data penelitian kualitatif.
Penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi semakin penting, dengan membekali mahasiswa keterampilan software akan membantu terciptanya penelitian yang berkualitas. Kegiatan semacam ini mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum pendidikan.
Kata kunci: pendidikan, teknologi, SDG 4: Pendidikan Berkualitas, SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur, SDGs
Penulis: Asti Rahmaningrum
Versi Bahasa Inggris