• Tentang UGM
  • Simaster
  • Perpustakaan
  • IT Center
  • Webmail
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Posisi
    • Keunggulan
    • Struktur Organisasi
    • Layanan dan Fasilitas
    • Kehidupan Kampus
    • Kontak
  • PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan secara Berkala
      • Informasi Tersedia Setiap Saat
      • Daftar Informasi Dikecualikan
    • Layanan Informasi
      • Alur dan Prosedur Permohonan Informasi
      • Alur dan Prosedur Pengajuan Keberatan atas Informasi
      • Prosedur dan Tatacara Penyelesaian Sengketa
      • Maklumat Pelayanan Informasi Publik
  • Akademik
    • Pengumuman
    • Dokumen Akademik
    • Kalender Akademik
  • Admisi
    • Program Studi
    • Beasiswa
    • Syarat Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Biaya Pendidikan (UKT)
    • Registrasi
  • Kegiatan
    • Agenda
    • Berita
    • Penelitian
    • Pengabdian Masyarakat
  • Survei Layanan
  • Beranda
  • Berita
  • Prodi KBM Gelar Kelas Branding Dengan Praktisi

Prodi KBM Gelar Kelas Branding Dengan Praktisi

  • Berita
  • 15 Mei 2024, 13.58
  • Oleh: pudji_w
  • 0

Pada Selasa, 14 Mei 2024, Program Studi Kajian Budaya dan Media (KBM) Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Kelas Branding yang dikemas dalam sebuah workshop bertemakan “Persona: Melihat Manusia Lewat Kacamata Jenama”. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang A Lantai 5, Gedung Sekolah Pascasarjana dengan mengundang praktisi Nisaul Aulia, M.A atau kerap disapa Lia.

Lia merupakan alumni Prodi KBM pada tahun 2012 dan sekarang aktif menjadi seorang konsultan brand strategist sekaligus founder dari Basicludo. Lia menceritakan pengalamannya selama 12 tahun berkiprah sebagai brand strategist. Melalui Basicludo yang berada di Sleman Yogyakarta, Lia banyak membantu brand atau merek terutama merek-merek baru untuk menentukan strategi branding yang tepat.

Kelas Branding ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta dari mahasiswa Prodi KBM serta dibuka untuk umum dengan kuota terbatas. Grace Christina Yunita L. Tobing, Mahasiswa Program Magister KBM bertindak sebagai moderator pada acara.

Pada sesi diskusi, Lia mengungkapkan bahwa merek tidak lagi mempromosikan diri melainkan mempromosikan subkultur. Subkultur itu sendiri didefinisikan sebagai sekelompok orang dengan perilaku dan tingkah laku tertentu (unik). Merek dapat menciptakan apa yang sedang dibutuhkan orang-orang dalam subkultur tersebut. Membangun hubungan emosional yang kuat dengan konsumen juga menjadi kunci agar hubungan merek dengan konsumen dapat langgeng.

Salah satu peserta, Asmi Nur Aisyah bertanya tentang apakah dengan adanya subkultur-subkultur baru tersebut merupakan sesuatu yang positif bagi kita semua atau menjadi bahan yang seharusnya direfleksikan. Lia menjelaskan bahwa semua itu tergantung cara pandang kita dalam melihat fenomena tersebut. Apabila fenomena tersebut dilihat dari sudut pandang bisnis tentu akan menjadi kesempatan yang bagus.

Workshop berlangsung sukses serta mahasiswa aktif dalam bertanya kepada praktisi yang hadir. Lia berpesan kepada mahasiswa untuk tidak hanya aktif menghadiri kelas tetapi juga harus berpetualang diluar kelas dalam mencari networking dan bertukar pengalaman dengan sesama profesional. Prodi KBM akan terus menyelenggarakan kegiatan serupa untuk mewadahi mahasiswa menuangkan pemikiran kritis sesuai dengan amanat SDGs Nomor 4 dalam mewujudkan pendidikan berkualitas.

Penulis: Asti Rahmaningrum

Editor:

Foto: Asti Rahmaningrum

 

Tags: branding praktisi prodi kbm SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDGs

Recent Posts

  • Konsinyering Kerja Sama JTTS : Finalisasi Hasil Temuan Penelitian Langkah Pengambilan Kebijakan Berkelanjutan di Sumatera
  • SPs UGM Kuatkan Tridharma Pariwisata: Prodi Doktor Kajian Pariwisata Perluas STO dan Luncurkan Buku “Manajemen Pengunjung”
  • Mahasiswa S2-S3 Ilmu Ketahanan Nasional SPs UGM Ikuti Bootcamp Penguatan Tesis dan Disertasi
  • Prof. Armaidy Armawi Paparkan Astropolitik dan Ketahanan Nasional pada Senastindo VII AAU 2025
  • Prodi S3 Kependudukan dan BRIN Tinjau Arah Penelitian Strategis, Perkuat Kerja Sama Bidang Kolaborasi Riset
Universitas Gadjah Mada
Sekolah Pascasarjana
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
Telp. (0274) 544975, 564239
Email : sps@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju