• Tentang UGM
  • Simaster
  • Perpustakaan
  • IT Center
  • Webmail
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Posisi
    • Keunggulan
    • Struktur Organisasi
    • Layanan dan Fasilitas
    • Kehidupan Kampus
    • Kontak
  • PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan secara Berkala
      • Informasi Tersedia Setiap Saat
      • Daftar Informasi Dikecualikan
    • Layanan Informasi
      • Alur dan Prosedur Permohonan Informasi
      • Alur dan Prosedur Pengajuan Keberatan atas Informasi
      • Prosedur dan Tatacara Penyelesaian Sengketa
      • Maklumat Pelayanan Informasi Publik
  • Akademik
    • Pengumuman
    • Dokumen Akademik
    • Kalender Akademik
  • Admisi
    • Program Studi
    • Beasiswa
    • Syarat Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Biaya Pendidikan (UKT)
    • Registrasi
  • Kegiatan
    • Agenda
    • Berita
    • Penelitian
    • Pengabdian Masyarakat
  • Survei Layanan
  • Beranda
  • Berita
  • Kolaborasi dan Inovasi Tingkatkan Tata Kelola Layanan Berkualitas

Kolaborasi dan Inovasi Tingkatkan Tata Kelola Layanan Berkualitas

  • Berita
  • 22 Mei 2025, 09.44
  • Oleh: pudji_w
  • 0

Tata kelola layanan administrasi merupakan sebuah pedoman institusi dalam memberikan pelayanan administratif kepada para pemangku kepentingan yang perlu mengedepankan prinsip efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, institusi juga perlu mewujudkan transformasi tata kelola layanan guna menjaga konsistensi mutu layanan.

Untuk mendukung hal ini, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (SPs UGM) berkomitmen mengambil inisiatif strategis melalui program penyusunan prosedur operasional standar (SOP). Program ini menunjuk dan membagi perwakilan pegawai meliputi dosen dan tenaga kependidikan ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok ditugaskan untuk menyusun prosedur operasional standar sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing diantaranya akademik, jaminan mutu, kerja sama, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain.

Kolaborasi dan Inovasi menjadi 2 hal penting dalam program penyusunan prosedur operasional standar. Dalam program ini, setiap kelompok didorong untuk bekerja sama dan menjalin kerja tim yang baik. Kolaborasi juga tidak hanya mencakup dalam internal kelompok, tetapi juga meliputi kolaborasi antar unit. Hasil akhir penyusunan SOP ini adalah dialog kolaboratif antar unit yang mana setiap kelompok memaparkan SOP yang telah disusun untuk didiskusikan dengan setiap pihak terkait.

Disamping itu, inovasi juga menjadi poin krusial dalam hal ini. Setiap kelompok didorong untuk memperbaiki SOP yang dinilai belum berjalan dengan baik atau dinilai dapat dikembangkan lebih efektif.

Salah satu perbaikan prosedur yang dikembangkan adalah pada bidang pengelolaan sumber daya manusia. Kelompok pada bidang ini menginisiasi inovasi transformasi digital untuk beberapa layanan administrasi sehingga proses pekerjaan dapat berjalan lebih efektif.

Penulis: Muthia Nur Arifah

Recent Posts

  • Konsinyering Kerja Sama JTTS : Finalisasi Hasil Temuan Penelitian Langkah Pengambilan Kebijakan Berkelanjutan di Sumatera
  • SPs UGM Kuatkan Tridharma Pariwisata: Prodi Doktor Kajian Pariwisata Perluas STO dan Luncurkan Buku “Manajemen Pengunjung”
  • Mahasiswa S2-S3 Ilmu Ketahanan Nasional SPs UGM Ikuti Bootcamp Penguatan Tesis dan Disertasi
  • Prof. Armaidy Armawi Paparkan Astropolitik dan Ketahanan Nasional pada Senastindo VII AAU 2025
  • Prodi S3 Kependudukan dan BRIN Tinjau Arah Penelitian Strategis, Perkuat Kerja Sama Bidang Kolaborasi Riset
Universitas Gadjah Mada
Sekolah Pascasarjana
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
Telp. (0274) 544975, 564239
Email : sps@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju