
Tata kelola layanan administrasi merupakan sebuah pedoman institusi dalam memberikan pelayanan administratif kepada para pemangku kepentingan yang perlu mengedepankan prinsip efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, institusi juga perlu mewujudkan transformasi tata kelola layanan guna menjaga konsistensi mutu layanan.
Untuk mendukung hal ini, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (SPs UGM) berkomitmen mengambil inisiatif strategis melalui program penyusunan prosedur operasional standar (SOP). Program ini menunjuk dan membagi perwakilan pegawai meliputi dosen dan tenaga kependidikan ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok ditugaskan untuk menyusun prosedur operasional standar sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing diantaranya akademik, jaminan mutu, kerja sama, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain.
Kolaborasi dan Inovasi menjadi 2 hal penting dalam program penyusunan prosedur operasional standar. Dalam program ini, setiap kelompok didorong untuk bekerja sama dan menjalin kerja tim yang baik. Kolaborasi juga tidak hanya mencakup dalam internal kelompok, tetapi juga meliputi kolaborasi antar unit. Hasil akhir penyusunan SOP ini adalah dialog kolaboratif antar unit yang mana setiap kelompok memaparkan SOP yang telah disusun untuk didiskusikan dengan setiap pihak terkait.
Disamping itu, inovasi juga menjadi poin krusial dalam hal ini. Setiap kelompok didorong untuk memperbaiki SOP yang dinilai belum berjalan dengan baik atau dinilai dapat dikembangkan lebih efektif.
Salah satu perbaikan prosedur yang dikembangkan adalah pada bidang pengelolaan sumber daya manusia. Kelompok pada bidang ini menginisiasi inovasi transformasi digital untuk beberapa layanan administrasi sehingga proses pekerjaan dapat berjalan lebih efektif.
Penulis: Muthia Nur Arifah