• Tentang UGM
  • Simaster
  • Perpustakaan
  • IT Center
  • Webmail
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Posisi
    • Keunggulan
    • Struktur Organisasi
    • Layanan dan Fasilitas
    • Kehidupan Kampus
    • Kontak
  • PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan secara Berkala
      • Informasi Tersedia Setiap Saat
      • Daftar Informasi Dikecualikan
    • Layanan Informasi
      • Alur dan Prosedur Permohonan Informasi
      • Alur dan Prosedur Pengajuan Keberatan atas Informasi
      • Prosedur dan Tatacara Penyelesaian Sengketa
      • Maklumat Pelayanan Informasi Publik
  • Akademik
    • Pengumuman
    • Dokumen Akademik
    • Kalender Akademik
  • Admisi
    • Program Studi
    • Beasiswa
    • Syarat Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Biaya Pendidikan (UKT)
    • Registrasi
  • Kegiatan
    • Agenda
    • Berita
    • Penelitian
    • Pengabdian Masyarakat
  • Survei Layanan
  • Beranda
  • Berita
  • Agar Tembus Jurnal Internasional Terindeks atau Jurnal Nasional Terakrediasi.

Agar Tembus Jurnal Internasional Terindeks atau Jurnal Nasional Terakrediasi.

  • Berita
  • 15 Desember 2022, 00.00
  • Oleh: ismamisdalenitiarasani
  • 0

Jogja, SPs (15/12/2022) Tulisan karya ilmiah yang dapat menembus atau diterbitkan di  Jurnal Nasional Terakreditasi atau Jurnal Internasional Terindeks adalah impian hampir semua mahasiswa. Namun untuk sampai pada tahap tersebut perlu melalui serangkain proses yang tidak mudah.

Selain itu, untuk meningkatkan posisi perguruan tinggi dalam kancah akademik global, jumlah publikasi dalam jurnal internasional yang terakreditasi dan mutu akademik menjadi kebutuhan mutlak.

Menyikapi hal tersebut, Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM mengambil langkah dengan menyelenggarakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa S2/S3 SPs yang dilaksanakan selama dua hari yaitu Kamis dan Jumat tgl 15 dan 16 Desember 2022 di Gedung SPs.

Acara yang diikuti oleh sekitar seratus delapan puluh mahasiswa ini, dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Widianto Dwi Nugroho, S.Hut., M.Agr, di Ruang Seminar Lt. 5 Gd. SPs di hari pertama.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan penyampaian wawasan umum berjudul Penulisan Karya Ilmiah: Perkembangan Mutakhir, Dinamika dan Tantangannya, bersama pemateri Prof. Dr. Junun Sartohadi, dan dipandu oleh Moderator Dr. Hilda Ismail, Apt M.Si.

Workshop ini dibagi menjadi dua aktifitas utama yaitu Pelatihan Teknik Penulisan Naskah Publikasi dan Latihan Penulisan Naskah Publikasi.

Workshop juga dibagi dalam 4 Klaster yaitu Klaster Saintek, Soshum 1, Soshum 2, dan Soshum 3, dilaksanakan secara paralel di 4 ruangan di hari pertama.

Klaster Saintek diisi oleh Narasumber Dr. Tri Rini Nuringtyas, Kaprodi S3 Bioteknologi, diikuti mahasiswa dari Prodi Ilmu Lingkungan, Bioteknologi , Geo Informasi untuk Manajemen Bencana, dan Teknik Biomedis, dilaksanakan di R. Seminar Lt. 5.

Untuk Klaster Soshum I, Narasumber oleh Dr. Zainal Abidin Bagir, Ketua Prodi Doktor Inter Religious Studies, diikuti oleh Mahasiswa S2/S3 dari Prodi Agama dan Lintas Budaya, Ekonomi Islam, Inter Religious Studies, Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan, Perekonomian Islam dan Industri Halal, dilaksanakan di lt. 3.

Klaster Soshum 2, Narasumber Dr. Dicky Sofyan, dosen Prodi Inter Religious Studies, diikuti oleh mahasiswa S2 /S3 Ilmu Ketahanan Nasional, Kependudukan, Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan, Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik, dilaksanakan di Lt. 3.

Sedangkan untuk Klaster Soshum 3, Narasumber Dr. Ratna Noviani, Kaprodi S2 Kajian Budaya dan Media,  diikuti oleh mahasiswa S2/S3 Prodi Kajian Budaya dan Media, Kajian Pariwisata serta Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa, dilaksanakan di Lt. 4.

Di hari kedua, Jumat 16 des 2022 acara dilanjutkan dengan Pleno yang terdiri dari 3 sesi. Pleno I tentang Peta Jurnal Soshum dan Saintek, Pleno 2 tentang Visualisasi Gambar dan Grafik dalam Penulisan Ilmiah, Pleno 3 tentang Penulisan Situasi & Integrasi Akademik.

Dari kegiatan ini akan dipilih 8 naskah untuk mendapatkan insentif Rp.250.000 per naskah, dan 2 naskah terbaik dari 8 naskah tersebut akan direkomendasikan terbit di Jurnal Kawistara, Teknosains. Selain itu juga akan mendapatkan kesempatan untuk presentasi di International Graduate Student and Scholars Conference on Indonesia (IGSSCI) 2023. (SPs/arni)

Recent Posts

  • Konsinyering Kerja Sama JTTS : Finalisasi Hasil Temuan Penelitian Langkah Pengambilan Kebijakan Berkelanjutan di Sumatera
  • SPs UGM Kuatkan Tridharma Pariwisata: Prodi Doktor Kajian Pariwisata Perluas STO dan Luncurkan Buku “Manajemen Pengunjung”
  • Mahasiswa S2-S3 Ilmu Ketahanan Nasional SPs UGM Ikuti Bootcamp Penguatan Tesis dan Disertasi
  • Prof. Armaidy Armawi Paparkan Astropolitik dan Ketahanan Nasional pada Senastindo VII AAU 2025
  • Prodi S3 Kependudukan dan BRIN Tinjau Arah Penelitian Strategis, Perkuat Kerja Sama Bidang Kolaborasi Riset
Universitas Gadjah Mada
Sekolah Pascasarjana
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
Telp. (0274) 544975, 564239
Email : sps@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju