Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada telah menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) tahap II bagi penerima hibah penelitian tahun 2024 pada 11-12 November. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari monev tahap I yang dilaksanakan pada bulan Agustus dan September, yang berlangsung di Ruang Sidang Pimpinan Lantai 2, Sayap Barat dan Ruang Sidang Pojok Lantai 2, Sayap Barat Gedung Sekolah Pascasarjana UGM Unit 1 serta bagi penerima hibah yang tidak bisa mengikuti secara luring, pelaksanaan monev dilakukan secara daring melalui zoom meeting.
Kegiatan monev tahap II dibagi menjadi empat sesi dengan masing-masing dua reviewer yang bertugas untuk menilai kemajuan dari hasil penelitian. Selama monev, dosen penerima hibah mempresentasikan hasil luaran dari pendanaan hibah penelitian yang diterima. Terdapat tiga target luaran yang diharapkan yaitu artikel jurnal ilmiah internasional atau nasional, video three minutes thesis, dan berita yang diunggah pada website.
Dalam kesempatan berbeda, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama SPs UGM, Dr. Widyanto Dwi Nugroho, S.Hut., M.Agr. menyampaikan, “Setelah monev tahap II, harapannya ada evaluasi dari program hibah penelitian tahun 2024 demi peningkatan dan persiapan program untuk tahun depan. Harus dilihat kendala apa saja yang dihadapi pada pelaksanaan penelitian tahun ini, berapakah serapan dananya, dan apakah luaran yang dijanjikan pada kontrak bisa terealisasi”, jelas Dr. Widyanto.
Dilaksanakan monev tahap II ini sekaligus menandai berakhirnya pelaksanaan hibah penelitian di tahun 2024 ini. Para penerima hibah diharapkan untuk segera menyerahkan laporan akhir hibah penelitian mereka serta luaran yang telah dijanjikan pada kontrak hibah.
Proses monev menjadi penting untuk memastikan akuntabilitas dan transparansi dalam penggunaan dana penelitian. Peneliti juga diharapkan dapat merefleksikan pekerjaan penelitian mereka dan mempertimbangkan perbaikan untuk kegiatan penelitian mendatang. Sebagai kesimpulan, Monev tahap II di SPs UGM merupakan langkah signifikan menuju peningkatan kualitas penelitian dan pengembangan lingkungan akademis yang kolaboratif. Komitmen terhadap pendidikan untuk keberlanjutan dan kemitraan global pasti akan membuka jalan bagi keberhasilan di masa depan dalam penelitian dan pengembangan.
Penulis: Asti Rahmaningrum