• Tentang UGM
  • Simaster
  • Perpustakaan
  • IT Center
  • Webmail
  • Informasi Publik
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS GADJAH MADA
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang Kami
    • Posisi
    • Keunggulan
    • Struktur Organisasi
    • Layanan dan Fasilitas
    • Kehidupan Kampus
    • Kontak
  • PPID
    • Informasi Publik
      • Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan secara Berkala
      • Informasi Tersedia Setiap Saat
      • Daftar Informasi Dikecualikan
    • Layanan Informasi
      • Alur dan Prosedur Permohonan Informasi
      • Alur dan Prosedur Pengajuan Keberatan atas Informasi
      • Prosedur dan Tatacara Penyelesaian Sengketa
      • Maklumat Pelayanan Informasi Publik
  • Akademik
    • Pengumuman
    • Dokumen Akademik
    • Kalender Akademik
  • Admisi
    • Program Studi
    • Beasiswa
    • Syarat Pendaftaran
    • Prosedur Pendaftaran
    • Biaya Pendidikan (UKT)
    • Registrasi
  • Kegiatan
    • Agenda
    • Berita
    • Penelitian
    • Pengabdian Masyarakat
  • Survei Layanan
  • Beranda
  • Berita
  • Gali Potensi dan Profil Risiko Unit Kerja, Tim Risk Officer SPs Turut Serta dalam Workshop SIMR UGM

Gali Potensi dan Profil Risiko Unit Kerja, Tim Risk Officer SPs Turut Serta dalam Workshop SIMR UGM

  • Berita
  • 16 Agustus 2024, 08.17
  • Oleh: pudji_w
  • 0

Yogyakarta (15/8), Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (SPs UGM) berupaya memberikan kontribusi dalam perwujudan good university governance untuk UGM. Salah satunya dengan keikutsertaan tim risk officer SPs dalam Workshop Sosialisasi dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMR) UGM yang dilaksanakan di Ruang Multimedia 1, Gedung Balairung UGM dengan fasilitator dari Risk Workshop Internasional (RWI) Consulting.  Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya tata kelola yang baik sesuai dengan mandat Majelis Wali Amanat (MWA) untuk periode 2017-2037.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pelaksanaan praktik manajemen risiko di berbagai unit kerja di UGM. Acara ini menekankan pentingnya tata kelola yang baik sebagaimana diamanatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang mendorong tata kelola universitas yang efektif melalui strategi manajemen risiko yang komprehensif.

Turut hadir Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN.Eng., Dekan SPs yang memberikan arahan kepada tim SPs terkait identifikasi profil risiko yang ada di unit kerja. Selain itu, tim dari SPs juga diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiwaan dan Kerja Sama, Kepala Kantor, Koordinator Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, serta beberapa tendik SPs perwakilan tim risk register.

“SPs UGM berpartisipasi dalam kegiatan Workshop Implementasi SIMR, hal ini merupakan bagian dari pengembangan berkelanjutan untuk mendukung capaian Universitas. SIMR merupakan hal baru di UGM, dan kita semua sama-sama belajar. Workshop kali ini merupakan rangkaian dari proses yang cukup panjang, dimulai dari bulan Maret 2024.”, tutur Ika Krisnadewi, S.Psi., M.Sc, Kepala Kantor Administrasi SPs saat diwawancarai dalam sesi sosialisasi.

Seperti yang diketahui, SPs telah mempersiapkan sejak awal Maret 2024 dengan menyusum tim risk register unit kerja yang bertugas untuk melakukan input dan update risiko unit kerja melalui kertas kerja yang disediakan dan saat ini proses input data dan monitoring sudah dapat diakses melalui sistem terpadu.

Salah satu pesan kunci yang disampaikan adalah bahwa mitigasi risiko bukanlah untuk mengekspos kelemahan unit kerja, tetapi lebih kepada memberdayakan mereka untuk mengidentifikasi, mengenali, dan mengendalikan potensi risiko. Pendekatan proaktif ini sangat penting untuk membangun budaya kesadaran dan kesiapsiagaan di dalam universitas khususnya bagi civitas akademika SPs UGM.

Workshop SIMR merupakan langkah maju yang signifikan dalam perjalanan UGM menuju manajemen risiko yang efektif dan tata kelola yang baik. SPs UGM siap untuk menghadapi kompleksitas risiko dalam lanskap pendidikan, yang pada akhirnya berkontribusi pada pencapaian SDGs, khususnya dalam bidang pendidikan dasar.

Tags : sistem informasi manajemen risiko, perkembangan teknologi, workshop, risk register, rwi consulting, SDG 4: pendidikan berkualitas, SDG 9: indutsri, inovasi dan infrastruktur, SDG 16: perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh, SDG 17: kemitraan untuk mencapai tujuan

Penulis : Siti Muyasaroh

Tags: perkembangan teknologi risk register rwi consulting SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDGs sistem informasi manajemen risiko Workshop

Recent Posts

  • Diskusi Etnografi Kajian Budaya dan Media Soroti Arah Baru Metode Penelitian Kontemporer
  • Program Studi Kajian Budaya dan Media Bahas Dimensi Gender dalam Kekerasan dan Perdamaian
  • Program Studi Kajian Budaya dan Media Bahas Interseksionalitas Identitas Gender dalam Diskusi Media dan Gender
  • Komunitas Kandang Kebo Raih Anugerah Kebudayaan 2025 Bidang Upakarya Budaya
  • Waqf Research Roundtable Forum Tahun 2025 Penguatan Riset Wakaf untuk Pembiayaan Pembangunan Berkelanjutan: Arah, Peluang, dan Tantangan
Universitas Gadjah Mada
Sekolah Pascasarjana
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Jl. Teknika Utara, Pogung, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, 55284
Telp. (0274) 544975, 564239
Email : sps@ugm.ac.id

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju